Kontak kami:

(061)8213533

logo

Daftar Lembaga Publik yang Dinilai Terbuka soal Informasi Menurut Riset (03/08/2021)

Jakarta, Gatra.com– Sebuah riset mengenai keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh jurnalis Project Multatuli, Mawa Kresna, dan jurnalis Kompas TV, Mustakin, beserta beberapa enumerator di berbagai daerah di Indonesia menunjukkan bahwa lembaga-lembaga publik RI, baik di level nasional maupun daerah, dinilai belum begitu terbuka soal informasi publik.

Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa lembaga publik yang bernilai hijau hanya sebesar 18,8% (tergolong skala nilai 67-100). Sementara yang bernilai kuning ada sebanyak 44,2% (skala 34-66) dan yang bernilai merah ada 37% (0-33).

Walau demikian, segelintir lembaga publik yang bernilai hijau dinilai tetap patut utnuk diapresiasi. Berikut adalah daftar lembaga-lembaga publik seperti dinas, pemerintah daerah, dan kementerian yang memperoleh nilai baik dalam riset di atas.

Untuk level kedinasan, Dinas ESDM Provinsi Sumatera Utara berada di posisi teratas dengan nilai rata-rata 92. Kemudian disusul oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Surakarta yang sama-sama memperoleh nilai rata-rata 81.

“Dari proactive disclosure-nya dia mempublikasi informasi secara lengkap di website. kemduian secara institusi juga mereka punya PPID. Dan juga ketika kita meminta request data itu 100% semua data itu diberikan,” ujar Mawa dalam Diskusi Publik Diseminasi Riset Pemetaan Keterbukaan Informasi yang digelar secara daring pada Senin, (2/8/2021).

Sumber : https://www.gatra.com/detail/news/518648/politik/daftar-lembaga-publik-yang-dinilai-terbuka-soal-informasi-menurut-riset#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *