Kontak kami:

(061)8213533

logo

Pembukaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda). BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) PROVINSI SUMATERA UTARA di Rumah Dinas Bupati Asahan (12/11/2020)

Mewakili Gubernur Sumatera Utara Kepala Dinas ESDM Provsu, Ir.Zubaidi, M.Si memberikan kata sambutan Dalam Rangka Pembukaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda). BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) PROVINSI SUMATERA UTARA di Rumah Dinas Bupati Asahan

BISMILLAHIRROHMANIRROHIM

ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB.

YTH.  SAUDARA UNSUR FORKOMPIMDA PROVINSI SUMATERA UTARA.

YTH. SAUDARA KA. KANWIL KEMENTERIAN AGAMA DAN KETUAN MUI PROVINSI SUMATERA UTARA.

YTH.  SAUDARA KETUA DAN UNSUR PENGURUS BAZNAS PROVINSI SUMATERA UTARA.

YTH.  SAUDARA KETUA DAN UNSUR PENGURUS BAZNAS SE KAB/KOTA DI SUMATERA UTARA

YTH. PARA PENDAKWAH, PARA TOKOH AGAMA, TOKOH MASYARAKAT, PANITIA PELAKSANA,

YTH.  HADIRIN DAN UNDANGAN YANG BERBAHAGIA

  1. PUJI DAN SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT, KARENA DENGAN RAHMAD DAN RIDHONYA KITA DAPAT MENGHADIRI ACARA PEMBUKAAN RAPAT KOORDINASI DAERAH (RAKORDA), BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) PROVINSI SUMATERA UTARA TAHUN 2020.
  2. KEGIATAN PEMBUKAAN RAPAT KOORDINASI DAERAH (RAKORDA) MERUPAKAN SUATU UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PARA AMIL ZAKAT DALAM MENGELOLA ZAKAT.
  3. KITA MELIHAT BAHWA PADA SAAT INI HARAPAN MASYARAKAT KHUSUSNYA YANG KURANG MAMPU SANGAT BESAR TERHADAP ZAKAT, SEBAGAI AKIBAT HIMPITAN EKONOMI YANG BERKEPANJANGAN.
  4. OLEH KARENA ITU POTENSI DAN MANFAAT ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH DAPAT DI JADIKAN SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF SOLUSI PEMECAHAN MASALAH KEMISKINAN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT SEKALIGUS UNTUK MEWUJUDKAN RASA KEADILAN SOSIAL BAGI MASYARAKAT.
  5. AGAMA ISLAM MEMBERIKAN SALAH SATU SOLUSI PENGENTASAN KEMISKINAN YAITU MELALUI ZAKAT. ZAKAT MENJADI SALAH SATU INSTRUMEN KEBIJAKAN FISKAL RASULULLAH SAW UNTUK MEMBUAT UMAT ISLAM SAAT ITU MENJADI UMAT YANG SEJAHTERA.
  6. INILAH INSTRUMEN YANG DATANGNYA DARI ALLAH SWT UNTUK MENJAGA KEMASLAHATAN UMAT YANG TERCANTUM DI DALAM SURAT AL-BAQARAH AYAT 277.
  7. MEMPERHATIKAN POTENSI YANG DIMILIKI OLEH UMAT ISLAM, JIKA DIBANDINGKAN DENGAN JUMLAH UMAT ISLAM YANG MENGELUARKAN ZAKAT, INFAQ   DAN   SHADAQAH   MASIH   RELATIF
  8. JIKA KITA MAMPU MENGHIMPUN ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH DARI PARA MUZAKKI, SAYA YAKIN UMAT ISLAM AKAN MEMILIKI DANA YANG CUKUP BESAR UNTUK MEMBANTU MASYARAKAT YANG MASIH BERADA DI BAWAH GARIS KEMISKINAN.
  9. ZAKAT AKAN BERDAMPAK POSITIF DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN, KARENA DALAM ZAKAT TELAH JELAS SIAPA SAJA YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT YANG TERGOLONG MENJADI DELAPAN ASNAF, SEPERTI GOLONGAN FAKIR DAN MISKIN.

HADIRIN DAN UNDANGAN YANG BERBAHAGIA.

  1. KEGIATAN INI SANGAT PENTING DAN STRATEGIS TERUTAMA UNTUK SINERGITAS PROGRAM PENGELOLAAN ZAKAT DENGAN MENINGKATKAN PELAYANAN ZAKAT DENGAN MEMBERIKAN RESPON CEPAT KHUSUSUNYA KEPADA MUSTAHIK MELALUI SINERGI PROGRAM DENGAN LEBIH MEMPERHATIKAN PENGELOLAAN ZAKAT DAN SHODAQOH DI PROVINSI SUMATERA UTARA MAUPUN DI KABUPATEN/KOTA SE-SUMATERA UTARA.
  2. KITA MELIHAT BAHWA PADA SAAT INI HARAPAN MASYARAKAT KHUSUSNYA YANG KURANG MAMPU SANGAT BESAR TERHADAP ZAKAT, SEBAGAI AKIBAT HIMPITAN KRISIS EKONOMI YANG
  3. OLEH KARENA ITU POTENSI DAN MANFAAT ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH   DAPAT   DI  JADIKAN  SEBAGAI  SALAH SATU ALTERNATIF SOLUSI PEMECAHAN MASALAH KEMISKINAN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT SEKALIGUS UNTUK MEWUJUDKAN RASA KEADILAN SOSIAL BAGI MASYARAKAT.
  4. SEBAGAI LEMBAGA YANG TELAH MENDAPAT LEGITIMASI DARI UNDANG-UNDANG, BAZNAS PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA HARUS TANGGAP DAN PEDULI TERHADAP PERMASALAHAN KEMISKINAN DAN KESENJANGAN SOSIAL YANG ADA DITENGAH MASYARAKAT.
  5. PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERDAYAAN ZAKAT BAZNAS HARUS LEBIH DIKEMBANGKAN DI TENGAH-TENGAH MASYARAKAT TERLEBIH LEBIH MASYARAKAT YANG MASIH TERGOLONG TERTINGGAL DAN MISKIN.
  6. BERTITIK TOLAK SUATU KEYAKINAN BAHWA KEMASLAHATAN YAN DITIMBULKAN DARI PENGELOLAHAN ZAKAT AKAN MENDATANGKAN MANFAAT YANG CUKUP BERARTI BAGI PEMBANGUNAN DI SUMATERA UTARA.
  7. TUJUAN PENGELOLAAN ZAKAT ADALAH MENINGKATAKAN EFEKTIVITAS DAN EFESIENSI PELAYANAN DALAM PENGELOLAAN ZAKAT SERTA MENINGKATKAN MANFAAT ZAKAT UNTUK MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN.
  8. SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MEMBERI PETUNJUK DAN KESEHATAN KEPADA KITA DALAM MELANJUTKAN PEMBANGUNAN PROVINSI SUMATERA UTARA.
  9. AKHIRNYA DENGAN MEMOHON RIDHO ALLAH SWT DIIRINGI UCAPAN “BISMILLAHIRROHMANIRROHIM” PEMBUKAAN RAPAT KOORDINASI DAERAH (RAKORDA), BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) PROVINSI SUMATERA UTARA TAHUN 2020 SAYA BUKA DENGAN RESMI.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

WASSALAMU ‘ALAIKUM WR. WB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *