Kontak kami:

061(8213533)

logo

SINKRONISASI DATA ELEKTRIFIKASI DAN RENCANA PENGEMBANGAN ENERGI DAN SISTEM KETENAGALISTRIKAN DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL PROVINSI SUMATERA UTARA (04/02/2019)

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral

  1. Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral provinsi Sumatera Utara akan melaksanakan Kegiatan Pemasangan Sambungan Listrik Baru bagi Rumah Tangga Tidak Mampu (RTS)
  2. Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral provinsi Sumatera Utara akan melaksanakan kegiatan Pembuatan Database Aplikasi dan Sistem Informasi Ketenagalistrikan
  3. Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral provinsi Sumatera Utara akan melaksanakan kegiatan Penyusunan Peraturan Daerah BUMD Ketenagalistrikan
  4. Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral provinsi Sumatera Utara akan melaksanakan kegiatan Pembangunan Pembangkit Tenaga Listrik Mikro Hidro (PLTMH)
  5. Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral provinsi Sumatera Utara akan melaksanakan kegiatan Penyusunan Rencana Umum Energi Daerah (RUED)
  6. Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral provinsi Sumatera Utara akan melaksanakan kegiatan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)
  7. Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral provinsi Sumatera Utara akan melaksanakan kegiatan Pembangunan Penerangan Jalan Umum (PJU)

 

  1. PT PLN (Persero) Wilayah Sumater Utara.
  1. PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara mengusulkan pihak Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral untuk menyediakan data Pemasangan Sambungan Listrik Baru Gratis bagi rumah tangga tidak mampu dan PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara akan men-cross checknya dengan data TN2P yang mereka miliki.
  2. Data PT PLN untuk Rasio Elektrifikasi menggunakan data jumlah Rumah tangga dengan rumah tangga yang sudah berlistrik sudah lebih dari 100%
  3. Data PT PLN untuk desa yang belum berlistrik di Sumatera Utara berjumlah 195 desa.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Utara

  1. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Utara sudah dan akan terus mengembangkan sistem E-planning.
  2. Sistem E-planing Bappeda berbasis GIS jadi bisa di koneksikan dengan sistem yang direncanakan oleh dinas Energi dan Sumber Daya Mineral
  3. Bappeda akan mendukung Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Utara untuk memperoleh data Podes terbaru.
    1. ICED

Indonesia Clean Energy Development (ICED) Proyek adalah program bantuan teknis yang didanai oleh USAID di sektor energi yang bertujuan mendampingi Pemerintah Indonesia dalam membangun kebijakan dan insentif yang efektif bagi pertumbuhan sektor energi yang rendah karbon, dan juga secara bersamaan menarik investasi sektor publik dan swasta dalam pembangunan energi bersih. Rencana kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara :

  1. Bantuan teknis untuk proses Perda Rencana Umum Energi Daerah (RUED)
  2. Bantuan teknis penyusunan Rencana Umum Ketenagalistrikan Daerah (RUKD)
  3. Bantuan teknis implementasi program nasional untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi.
  4. Penyelarasan Kaji ulang RAD GRK sektor Energi dengan dokumen perencanaan energi lain (contoh: RUED dan RUKD)
  5. Penyusunan RAD Sustainable Development Goals (SDGs) dibawah kordinasi Bappeda.

Kesimpulan

  1. Bentuk kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sumatera dengan ICED akan di bicarakan lebih detail dengan sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara.
  2. Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Utara akan mengumpulkan data-data dari Cabang Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral.
  3. Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Utara bersama dengan PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara akan melakukan update data ratio elektrifikasi per desa
  4. Sistem informasi Ketenagalistrikan dan Energi yang akan dibuat direncanakan akan terkoneksi dengan sistem E-planing.
  5. Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera akan memberikan data terkait rencana kegiatan terkait bidang ketenagalistrikan kepada PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara dan Sebalik PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara juga kan memberikan data terkait rencana lokasi kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan oleh PT PLN pada tahun 2019.
  6. Semua pihak yang hadir dalam rapat sepakat akan saling berkoordinasi dan saling berbagi data demi keakuratan data-data tentang ketenagalistrikan dan energi demi tercapainya pembangunan yang menyentuh masyarakat yang membutuhkan serta terciptanya sistem ketenagalistrikan yang akurat sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam perencanaan pembangunan bidang ketenagalistrikan dan energi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *