Kontak kami:

(061)8213533

logo

Sosialisasi Keselamatan dan kelaikan Operasi Instalasi Tenaga Listrik Di Aula Dinas ESDM Provsu

Pada hakikatnya pembangunan nasional bertujuan untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Tenaga listrik mempunyai peranan yang penting bagi negara dalam mewujudkan pencapaian tujuan pembangunan nasional tersebut. Mengingat arti dan pentingnya tenaga listrik bagi negara, undang-undang nomor 30 tahun 2009 tentang ketenagalistrikan menyatakan bahwa setiap kegiatan usaha ketenagalistrikan wajib memenuhi ketentuan keselamatan ketenagalistrikan.

 

Keselamatan ketenagalistrikan adalah segala upaya atau langkah-langkah pemenuhan standardisasi dan pengamanan instalasi penyediaan tenaga listrik dan pemanfaat tenaga listrik untuk mewujudkan kondisi andal dan aman bagi instalasi, kondisi aman dari bahaya bagi manusia dan makhluk hidup lainnya, dan kondisi ramah lingkungan di sekitar instalasi tenaga listrik.

 

Dari data kejadian kebakaran yang ada di dinas pencegahan dan pemadam kebakaran kota medan diketahui bahwa pada tahun 2017 telah terjadi 122 dari total 201 kejadian kebakaran yang disebabkan oleh listrik, sedangkan pada tahun 2016 telah terjadi 147 dari total 246 kejadian kebakaran yang juga disebabkan oleh listrik. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya keselamatan ketenagalistrikan

Pada pasal 44 undang-undang nomor 30 tahun 2009 dinyatakan bahwa keselamatan ketenagalistrikan tidak hanya diwajibkan kepada instalasi tenaga listrik, tetapi juga diwajibkan kepada tenaga teknik atau operator instalasi tenaga listrik tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *